arrivederci, Inglese !

Kiprah The Three Lions di EURO 2012 Polandia-Ukraina kandas sudah, asa untuk merengkuh Trophée Henri Delaunay yang belum pernah diraih sejak turnamen ini diadakan masih harus dipendam. sepanjang sejarah, pencapaian terhebat Inggris di perhelatan akbar sepakbola benua biru ini hanya sampai di babak semifinal Euro'96.

Rabu, 26 Juni 1996 Inggris sebagai tuan rumah Euro '96 harus mengakui kemenangan 'Der Panzer' lewat drama adu pinalti  di stadion keramat se-Inggris Raya, Wembley. Gareth Southgate, yang maju sebagai penendang ke-6 Inggris bertugas untuk menceploskan bola ke gawang Jerman agar nafas Inggris di turnamen ini tetap hidup. tapi tidak beruntung bagi Southgate, tendangan penaltinya ditepis Andreas Koepke dan Jerman pun melaju ke final. Jerman yang berada di tangan Berti Vogts akhirnya keluar sebagai juara Eropa 1996 setelah mengalahkan Rep. Ceko 2-1 di Final.

After Koepke blocked the ball
He is you know
Dan Senin, 24 juni 2012. hampir 16 tahun berselang tragedi itu kembali terulang. kali ini giliran Gli Azurri arahan Cesare Prandelli yang mengandaskan Inggris di babak perempat final Euro 2012. Olympic Stadium Kiev menjadi saksi bisu tersingkirnya Inggris (lagi-lagi) lewat drama adu pinalti. Sejarah terulang, Inggris tidak pernah punya kenangan baik dalam adu pinalti. Menyedihkan.

-it's bad news for the English game, we' re not creative enough, we're not positive enough. we'll go on getting bad results-  Football pundit

Pertandingan Italia vs Inggris menjadi pertandingan pertama di Euro 2012 yang pemenangnya ditentukan melalui adu tendangan penalti. Inggris dan Italia sebenarnya sama sama bermain impresif selama 120 menit, kegemilangan Hart di bawah mistar gawang Inggris membuat pemain Italia frustasi, sejumlah peluang emas didapat Balloteli-Cassano namun semuanya gagal berbuah gol.  Dan sebaliknya, ancaman yang diberikan Rooney dan Welbeck cukup membuat kerepotan lini belakang Italia, meskipun akhirnya tidak berarti banyak karena sang kreator Steven Gerrard sibuk mengurus pertahanan Inggris yang dikurung Pirlo dkk. 

Good job, son..
Waiting for Cole
Asa melaju ke semifinal sempat hadir ketika penalti Gerrard dan Rooney berhasil menjadi gol dan  Montolivo gagal mengeksekusi penaltinya dengan baik. Tetapi  harapan itu kembali terbang sesaat setelah setelahnya, karena Young dan Cole gagal mengkonversi pinalti menjadi gol sementara itu Pirlo, Nocerino dan Diamanti berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.

dan, arrivederci Inglese... !

Comments

Popular Posts