The Final #1

FINAL PIALA CHAMPIONS EROPA 1976-1977



Liverpool 3 VS Borussia Monchengladbach 1

(Liverpool : Terry McDermott 28', Tommy Smith 64', Phil Neal 82' (pen) ; Monchencgladbach : Allan Simonsen 52')

Tanggal   : 25 Mei 1977
Venue     : Stadion Olimpico, Roma (ITA)
Penonton : 57.000
Wasit      : Robert Wurtz (Prancis)

Liverpool : Clemence, Neal, Jones, Smith, Kennedy, Hughes, Keegan, Case, Heighway, Callaghan, Mc Dermott
Subs : Fairclough, McDonnell, Johnson, Waddle, Lindsay
Bob Paisley

Borrusia Monchengladbach : Kneib, Vogts, Schaefer, Wittkamp, Klinkhammer, Wohlers, (Hannes 79'), Wimmer (Kulik 24'), Stielike, Bonhof, Simonsen, Heynckes
Subs : Kieff, Del Haye, Heidenrich, Kulik, Hannes
Udo Lattek


Liverpool 4-4-2

Stadion Olimpico Roma
Stadion Olimpico yang terletak di kota Roma dipilih oleh UEFA untuk menggelar laga final Piala Champions Eropa musim 1976-1977. Seisi stadion dan ibukota Italia ini menjadi saksi sejarah untuk pertama kalinya Bob Paisley membawa Merseyside Merah menjadi kampiun Eropa.

Liverpool berhak tampil di Piala Champions dengan status sebagai juara Liga Inggris. Liverpool mempunyai kesempatan untuk meraih gelar treble yang belum pernah dicapai oleh tim Inggris manapun pada musim itu.  Piala Liga Inggris, Piala FA dan Piala Champions Eropa. Namun sayangnya hal itu tidak terwujud karena 4 hari sebelum final di Roma, Liverpool kalah dari Manchester United di babak Final piala FA.

the start of a golden era
The 'Mighty' Reds berhasil melaju ke final setelah mengalahkan juara Irlandia Utara, Crusaders 7-0 (ag) di babak pertama, klub Turki Trabzonspor 3-1 (ag) di babak kedua, finalis Piala Champions musim sebelumnya AS Saint Etienne di perempat-final 3-2 (ag), dan Juara Swiss FC Zurich di semi-final dengan skor 6-1 (ag).

Sementara itu lawannya 'Die Fohlen' Borussia Monchengladbach melaju ke final setelah mengandaskan Austria Wien 3-1 (ag) di babak pertama, Juara Italia Torino 2-1 (ag) di babak kedua, Juara Belgia Club Brugge 3-2 (ag) di perempat-final dan Juara USSR Dynamo Kyiv 2-1 (ag) di semi-final.

Liverpool dan Borussia Monchengladbach sama-sama tampil untuk pertama kalinya di babak Final Piala Champions Eropa. Meskipun kedua tim sempat saling bertemu sebelumnya dipartai final Piala UEFA 1973, yang waktu itu dimenangi oleh Liverpool 3-2 (ag).

Daily Mirror Headline
Keberhasilan Liverpool merengkuh trofi Piala Champions untuk pertama kalinya ini juga mengawali kejayaan sepakbola Inggris di ranah Eropa (the golden era of English club) karena untuk enam tahun berikutnya secara berturut turut gelar juara Piala Champions Eropa seluruhnya jatuh ke tangan tim dari Inggris.

Kemenangan atas Borussia Monchengladbach tepat satu tahun setelah Liverpool memenangkan Piala UEFA, sekaligus menahtakan Bob Paisley sebagai manajer pertama sepanjang sejarah yang berhasil menyatukan Piala UEFA dan Piala Champions Eropa dalam kurun waktu 2 musim berturut-turut.

Pertandingan ini juga merupakan pertandingan terakhir bagi Kevin Keegan memakai jersey Liverpool. Meskipun Keegan tidak mencetak gol dalam laga final ini, ia telah menjalani 323 penampilan bersama Liverpool dan melesakkan 100 gol selama 6 tahun karirnya bersama The Anfield Gank. Karir cemerlang bersama Liverpool membuat Kevin Keegan kebanjiran tawaran bergabung dari klub-klub elite Eropa,  akhirnya Keegan memilih bermain untuk klub Bundesliga Jerman Barat, Hamburg SV. Bob Paisley mengganti posisi Kevin Keegan dengan King Kenny Dalglish, seorang yang berikutnya menjadi Legenda bagi publik Anfield.
 
" This is the second time I've beaten the Germans here.. the first time was in 1944. I drove into Rome on a tank when the city was liberated."
- Bob Paisley after Liverpool won the European cup against Borussia Monchengladbach , in Rome in 1977.

"The only thing i fear is missing an open goal in front of the Kop. I would die if that were to happen. When they start singing You'll Never Walk Alone my eyes start to water. There have been times when I've actually been crying while I've been playing. - Kevin Keegan.


Thank You Kevin Keegan. Thank You Robert Paisley. You'll Never Walk Alone.



Comments

Popular Posts