Struktur Lagu

Yaap gw ingin sharing sedikit soal musik. Banyak waktu gw abisin buat denger musik dan gw tipikal orang yang sering banget mengamati menganalisis lagu. Karena yaa seruu ajaaa... hahah

Selain hobi pribadi analisa lirik, buat seorang pekerja TV macem gw, adalah poin plus buat bisa ngerti struktur musik. Karena kadang dalam suatu performance di TV tidak jarang ide treatment untuk medley / mash up lagu muncul setelah menganalisis lagu. Nah, kalau paham struktur musik, akan gampang banget diskusi atau memotong lagu bersama musisi atau komposer.

Meskipun idealnya memotong lagu adalah salah satu hal yang sakral dilakukan musisi. Tapi karena kebutuhan entertainment   DURASI yang sakral menjadi tidak sakral. hehe. no offence, really.

Dan berikut gw share struktur lagu yang masih gw inget. semoga berguna.

Intro
Intro adalah awalan dari sebuah lagu. 

Verse
Biasa disebut juga bait. Verse adalah pengantar sebelum lagu masuk ke bagian chorus.

Chorus
Chorus atau reff (reffrain) adalah bagian lagu yang seringkali dan idealnya merupakan inti dari
sebuah lagu.

Bridge
Bridge adalah sebuah bagian lagu yang biasanya digunakan sebagai jembatan antar bagian lagu.

Interlude
Interlude adalah bagian lagu yang tidak diisi oleh vokal, tapi diisi oleh instrument musik. Perbedaan
interlude dengan bridge adalah bridge diisi vokal, sedangkan interlude tidak diisi vokal.

Outro / Ending 
Outro adalah bagian penutup dari sebuah lagu. Ending berfungsi agar lagu berakhir smooth dan tidak
berhenti mendadak, namun banyak juga akhir lagu menggunakan teknik fade out seperti efek editing
video.


Well, sekian. :)

Comments

Popular Posts