Musik, Lirik dan Hidup

Buat gw musik punya banyak arti, musik mendamaikan hati, musik mencairkan suasana, musik sebagai medium ekspresi jiwa, musik juga wisata rekreatif yang murah dan menyenangkan. Gw akuin beberapa lirik dalam sebuah karya musik cukup mampu mengubah pola pikir gw di dunia nyata. Musik adalah soal kesenian instrumental yang universal, semua orang suka musik dan punya selera individual soal musik. Jadi sebenarnya musik tidak perlu diperdebatkan, dia hadir di setiap orang yang ingin mendengarkannya.

Dan berikut beberapa band yang udah jadi inspirasi, yang selalu ada di recently played list, yang sudah memberi ide-ide, yang mengisi hari dengan setia, yang sudah mengajarkan sesuatu.

4. THE CRANBERRIES


The Cranberries, one of the greatest band from Ireland. terbentuk di Limerick kota terbesar ke empat di Irlandia tahun 1989. Anggotanya adalah Dolores O’Riordian, Noel Hoggan, Mike Hoggan dan Fergal Lawler.

Kesukaan gw pada The Cranberries terletak pada suara unik Dolores yang khas dan didukung dengan aransemen sound ringan gitar akustik, ditambah sound folk tradisional khas Irlandia, dengan beat-beat cepat dan melodi gitar sederhana. Kombinasi yang “oke banget..!”

beberapa lirik Cranbberies juga menyinggung isu kemanusiaan di semenanjung Balkan sana. Tragedi kemanusiaan di Sarajevo, Bosnia dan Chechnya beberapa tahun lalu sepertinya pernah menjadi inspirasi karya mereka.

Beberapa lirik mereka tentang perang yang pernah mereka tulis :

I would like to state my vision, life was so unfair.
We live in our secure surroundings, and people die out there.
Bosnia was so unkind, Sarajevo changed my mind.
And we all call out in despair, all the love we need isn’t there.” (Bosnia, 1996)

“You must have nothing, more with your time to do.
There’s a war in Russia, and Sarajevo too.’ (Free To decide, 1996)

“Another head hangs lowly, child is slowly taken.
And the violence caused such silence, who are we mistaken ?.
But you see, it’s not me, it’s not my family.
In your head, in your head they are fighting.
With their tanks and their bombs, and their bombs and their guns.
In your head, in your head they are crying.” (Zombie,1994)


Daan.. lagu Cranberries lain yang ‘recommended’ versi gw : Just My Imagination, Shattered, Animal Instinct, Ode To My Family, Linger, You and Me, Zombie, Star, Time is Ticking Out.

3.THE POSTAL SERVICE


The Postal Service adalah band electronik indie pop yang berasal dari negeri Paman Sam. Band ini dimotori oleh dua orang bernama Ben Gibbard dan Jimmy Tamborello.

Yang uniknya, nama band ini diambil dari cara mereka memproduksi sebuah karya musik. kenapa? karena mereka merekam lagu lagu mereka di tempat, waktu dan studio yang berbeda. dan kemudian saling berkirim editan materi lagu via layanan pos Amerika atau United States Postal Service. Nah nama Postal Service itu lah yang kemudian diambil jadi nama band ini. Menurut rumor yang pernah gw denger mereka ga pernah bertemu sama sekali !! waw.. kalo bener macam seperti Fyodor Dostoyevsky dan Leo Tolstoy pada zamannya..

Dan suara cewek yang gw suka banget dengernya di lagu Nothing Better itu ternyata suara Jenny Lewis, aktris dan musisi Amerika yang juga vokalis band indie Rilo Kiley. Di lagu itu, Jenny Lewis dan Ben Gibbard saling bernyanyi bersaut sautan layaknya sepasang kekasih yang habis putus.

Lirik postal service kebanyakan bercerita tentang cinta dan kehidupan, dikombinasikan dengan aransemen musik electronik yang easy listening dan elemen pop yang kental. :D

Beberapa lirik Postal Service yang 'ngehe'  :

“So let me help you remember, I’ve made charts and graphs that should finally make it clear.
I’ve prepared a lecture on why i have to leave.” (Nothing Better,2003)

“And we’ll become silhouettes , when our body finally go..”

“Grow old along with me, Whatever fate decrees.
We will see it through, for our love is true.
God bless our love” (Grow old)


The postal service sangat gw rekomendasikan buat didengerin pas mau tidur atau pada saat musim hujan. Atau mungkin di sebuah padang rumput luas dengan pohon pohon lebat dimana cuma ada lo seorang dan music player dengan headphone menutupi seluruh kuping.. #labil dan beem

Lagu Postal Service 'recommended' : Such Great Heights, Sleeping In, Nothing Better, Grow Old, We’ll Become Silhouettes, Brand New Colony, The District Sleeps Alone Tonight.

2. WEEZER


Yaa band alternatif rock asal Amrik ini emang udah jadi favorit gw sejak lama. Patrick Wilson, Rivers Cuomo, Mikey Welsh dan Brian Bell membentuk Weezer di Los Angeles tahun 1992. Mulai tahun 2001, Scott Shriner ditunjuk untuk menggantikan bassist Mikey Welsh yang didiagnosa punya penyakit.

Gw sendiri kenal dan suka weezer waktu SMP, jadi dulu terkontaminasi Andre, si sahabat SMP yang skarang ga tau dimana. oooii ndreee! Andre setiap main gitar, akan selalu maenin lagu-lagunya weezer, jadi suka ngga suka mau ngga mau gw jadi mau dan suka. #ribet..
dan pertama kali gw bisa main gitar itu Island in the sun. lagu ini hits banget waktu itu, dengan niat yang kuat akhirnya bisa mainin Island In The Sun secara full, trus mulai suka gitar, mulai ngeband, mulai pulang malem, mulai nginep, mulai ga betahan di rumah, dan ngga lupa ngulik lagu lagu weezer yang lain bareng Andre. Album the green album Weezer selalu menemani hari hari itu. #curhat

“wooo, i wanna my early 2000 weezer era back..” :D

Lirik weezer yang jadi kenangan:

“On an island in the sun, we’ll be playing and having fun
And it makes me feel so fine,I can’t control my brain.
We’ll run away together, We’ll spend some time forever.
We’ll never feel bad anymore.” (Island In The Sun)

“Sometimes it seems, you’re not with me.
It hurts me so much, it hurts me so much.” (Jamie)

“Ooo wee ooo, I look just like buddy holly.
Oo oo and you’re Mary Tyler Moore.
I’ don’t care what they say about us anyway
I don’t care about that.” (Buddy Holly)

FYI! Rivers Cuomo adalah lulusan Harvard University, yang sewaktu lulus memperoleh gelar Phi Betta Kappa, sebuah gelar akademis terhormat bagi mahasiswa yang lulus menonjol dalam bidang liberal arts dan science.

Harus denger Weezer : Island In The Sun, Jamie, Buddy Holly, Perfect Situation, Hash Pipe, Photograph, Say it ain’t so, Keep Fishin’, Beverly Hills, Undone (The Sweater Song) Pork and Beans.

1. EFEK RUMAH KACA

Efek Rumah Kaca
Yeeeiy! Merasa bangga jadi orang Indonesia karena punya band kayak Efek Rumah Kaca.. band asal ibukota ini gw anggep sebagai penyelamat musik Indonesia di tengah pesatnya perkembangan industri musik di negara tercinta ini. Liriknya sangat-sangat-sangat puitis dan intelektual.

Mayoritas lirik ERK memotret tentang realita sosial yang ada, seperti politik, cinta, drugs, alam semesta, kematian, gaya hidup, dan hubungan sesama jenis. Pembuktikan buat gw kalau inspirasi itu memang ada dimana mana. Tinggal bagaimana  bisa mentransformasikannya menjadi sesuatu. Harus bisa ka! Harus!

Aransemen lagu lagu mereka yang ’stabil’ membuat gw menerka-nerka apakah mereka adalah orang orang introvert yang tidak ekspresif, misterius, galau dan cenderung pemalu. Selain itu aransemen lagu lagu ERK juga jadi ingetin gw sama Radiohead, atau memang Radiohead salah satu inspirasi mereka? #ngga tau.

“Mendengarkan Efek Rumah Kaca seperti menikmati drugs legal yang pernah ada”. Yaa lagu lagu ERK emang selalu buat imajinasi terbang kemana mana. Ngga pernah hinggap di satu titik, selalu mencari celah diantara pikiran pikiran yang terlintas.

Simbolisasi di 2 cover album Efek Rumah Kaca juga buat penasaran, sampe skarang belum bisa nangkep makna apa yang ada di 2 cover album itu Efek Rumah Kaca dan Kamar Gelap (masih harus banyak belajar semiotika)

Efek Rumah Kaca (2007)

Kamar Gelap (2008)

’Lagu Kesepian’ adalah lagu ERK favorit gw, alunan gitar akustiknya menyayat hati, dan ’the best part is’ menit 2.38 sampai 3.40. :D

Lirik yang terekam :

”Tapi aku tak pernah mati, Tak Akan Berhenti.” (Di Udara)

”Menghimpun energi, mengambil posisi.
Menjejakkan kaki, meniti temali.
Merendah meninggi, rasakan api, konsentrasi.” (Balerina)

”Demi masa, sungguh kita tersesat.
Membiaskan yang haram, karena kita manusia.” (Debu Debu Berterbangan)

”Atas bujukan setan, hasrat yang menjebak zaman.
Kita belanja terus sampai mati” (Belanja Terus Sampai Mati)

”Lekas bangun dari tidur berkepanjangan.
menyatakan mimpimu, cuci muka biar terlihat segar
merapikan wajahmu, masih ada cara menjadi besar
memudakan tuamu, menjelma menjadi Indonesia” (Menjadi Indonesia)


Seluruh lagu ERK sangat cocok dan bisa ditrima oleh kuping gw, tapi karena harus memilih 5 terbaik maka gw akan memilih : Lagu Kesepian, Menjadi Indonesia, Balerina, Desember dan Di Udara.

Sebenernya ada banyak band yang gw suka, tapi karena mood nulis masih labil, gw share 4 dulu. kenapa 4? Karena gw suka angka 4, terlihat stabil dan kokoh, 4 juga nomer Gerard di timnas Inggris.. hehe, i promise, i'll share the another fantastic bands when i'm near the computer and have plenty of time to write. :D

Comments

Popular Posts